Tuesday, 31 July 2012

Cara Menawar Harga Barang (Nego)

Yay.. sesuai dengan judul, kali ini gue mau kasih tips yang ampuh (menurut gue) menawar harga barang di toko, lapak, atau yang jualan dimana saja yang harganya ga di bandrol (harga pas).
negosisasi
image by preciseeventsic.blogspot.com
Mungkin yang suka shoping apalagi lebaran sebentar lagi, pasti sudah banyak yang nyari-nyari barang buat nanti lebaran, salah satunya pakaian dan tips ini sangatlah penting untuk memborong barang yang kamu sukai, yah bagaimana tidak pasti setiap orang jika menginginkan suatu barang dan ingin banget memilikinya tapi uangnya pas pasan, pas buat beli mobil, pas buat beli rumah, pas buat beli apartemen, pas buat beli helikopter.. #hyah itu mah orang kaya yah, kaya monyet! hahaha..

Baiklah karena sudah sekian lama ga update, maka dari itu langsung saja simak tipsnya, lha apa hubungannya udah lama ga update sama tipsnya #abaikan gue juga pusing sama kata-katanya, tapi gapapa yang penting mint.

Yang pertama (nyanyi lagu opick)

Bandingkan harganya dengan toko yang berbeda, dan bilang kalo di toko sebelah harganya lebih rendah (kalo kebetulan barangnya sama).

Yang ke dua (masih nyanyi lagu opick)

Ekpresikan wajah kamu dan buat si penjual merasa kasihan sama kamu, seperti halnya di sinetron. yah anggap saja kamu lagi main sinetron, itung-intung improvisasi. muehehehe..

Yang ke tiga (nyanyi opick lagi)

Jangan tersenyum ketika lagi nego, karena akan menghilangkan kekuatan negosiasi kamu, coba deh rada jutek dikit.

Yang ke empat (terusin nyanyi lagu opick)

Jangan sekali-kali bilang barangnya bagus depan si penjual, karena mereka (penjual) akan berpikir kamu sangat menyukai barang tersebut dan akan membayar dengan harga berapapun (opini gue).

Yang ke lima (nyanyi lagi lagu opick)

Tunjukan kelemahan barang yang akan kamu beli, cari aja cacatnya walopun cacatnya cuma sedikit, tapi itu akan menjadi bukti kuat untuk melakukan nego agar harga barang lebih rendah.

Yang ke enam (bait terakhir lagu opick)

Jangan sungkan dan malu bilang kalau harga barang tersebut kemahalan, katakanlah dengan penuh rasa percaya diri dan semangat #tsah
Mungkin penjual akan berfikir bahwa kamu sudah tahu harga barang tersebut dan harganya lebih rendah.

Yang terakhir

Ketika si penjual ga ngasih dengan harga yang kamu nego, coba kamu tinggalkan toko tersebut, yah nembak aja, biasanya kalo penjual yang memang harganya pas sama yang kamu nego atau bahkan lebih murah dari yang kamu nego biasanya akan memanggil kamu kembali dan setuju dengan harga yang kamu nego.

Mungkin segitu dulu tips cara menawar harga (nego) dari gue, semoga bermanfaat buat kamu yang mau belanja buat lebaran.
Selamat Mencoba.