Friday, 23 November 2012

Membuat Animasi Loading Sederhana di Macromedia Firework 8

Kali ini gue mau sedikit berbagi jurus nih, jurus membuat animasi loading yang sangat sangaaat sederhana banget sekali. Animasi atau file .gif ini gue buat dengan software Macromedia Fireworks 8, kalau kamu belum punya softwarenya silaken aja cari di si mbah gugel, pabalatak kok. hehe..

Warning!
Tutorial ini untuk newbie, master dilarang ngintip!

Ga perlu banyak cingcalingcong lagi mari kita langsung ke tekapeh.
Pertama kamu buka dulu program Macromedia Fireworksnya.
Klik File>New



Atur ukuran kanvas seperti pada gambar atau atur sesuai selera sendiri, kemudian klik OK.
Maka akan tampil area kanvas seperti pada gambar.


Setelah muncul area kanvas tadi, kemudian isikan text "Loading..." (tanpa tanda kutip) di area tersebut.
Atus ukuran fonts, warna fonts, dan style sesuai selera.
Lihat gambar.



Setelah tahap yang diatas selesai, kemudian klik Frame and History pada tab menu disebelah kanan. Kemudian tambahkan frame sebanyak huruf yang kamu ketik. Contoh disini adalah kata "Loading..." (tanpa tanda kutip) "Loading..." berarti ada sepuluh 7 huruf dan 10 sama titik-titik. Nah, kamu tambahkan frame sebanyak 10 frame, dan atur frame delaynya sesuai selera, Untuk mengatur frame delay kamu cukup double klik di sebelah kanan nama frame dan biasanya defaultnya adalah 10, namun disini gue masukkan 25, tentunya sesuai selera gue. hehe.. 25 disini artinya adalah 25 detik/frame.
Lihat gambar.



Nah, sekarang kita mulai membuat animasi atau gambar bergeraknya.
Pertama, kamu klik pada frame 1, di area kanvas akan tampil apa yang kamu ketik tadi, dalam hal ini adalah kata Loading...
Blok kata tersebut, jangan bilang ga bisa ngeblok kata, nati tak sobek-sobek tanganmu. hahaha just hujan.
Blok kemudian Copy dan Pastekan di frame 2, 3, 4 dst.
Setelah kamu paste kata loading tadi, pada frame 1, hapus kata oading... jadi yang tersisa hanya huruf L saja di frame 1, kemudian pada frame 2 tinggalkan hanya huruf Lo saja, begitu seterusnya sampai frame 10. Ngerti kan maksudnya, kalau ga ngerti kita tanya saja pada apapun yang bergoyang :D
Setelah selesai ngedit frame tadi, setelah itu klik tombol play yang ada dibawah kanvas area.
Untuk lebih jelasnya lihat gambar.



Selesai deh.
Tinggal Klik File>Save As pilih ekstension Animated Gif(GIF)

Mudah bukan? Semoga tutorialnya mudah dipahami.
Selamat mencoba, semoga membantu.