Assalamualaikum wr wb..
Pada kesempatan kali ini saya akan.. (haha serasa mau pidato ini teh) baik saya tidak akan bertele-tele lagi langsung aja ke pokok pikiran. hahaha..
kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat surat lamaran pekerjaan yang baik.
Hal-hal yang harus diperhatikan dalam mmembuat surat lamaran pekerjaan:

Jenis-jenis Surat lamaran pekerjaan
1. Surat lamaran yang diminta
Yaitu surat lamaran yang diminta perusahaan itu seperti apa, apa berupa lampiran di email,lewat pos ataupun langsung.

2. Surat lamaran yang dikirim setelah ada lowongan
Yaitu surat lamaran yang di kirim setelah kita mengetahui ada lowongan di sebuah perusahaan.

3. Surat lamaran yang tidak diminta
Surat lamaran yang dikirim tetapi tidak diminta oleh perusahaan tetapi kita mengirimkan atau memberikan surat tersebut sebagai syarat melamar pekerjaan.

4. Surat lamaran yang dikirim tanpa mengetahui adanya lowongan
Surat lamaran yang dikirim ke suatu perusahaan tetapi kita tidak mengetahui adanya lowongan di perusahaan tersebut alias untung-untungan dan mudah-mudahan jadi untung berneran.. haha

5. Blind-ad letter
Surat lamaran yang dikirim setelah kita melihat ada lowongan di sebuah media, mis; media cetak dll.

Setelah mengetahui hal-hal mengenai surat lamaran yang akan kita buat selanjutnya kita harus memperhatikan penulisan surat.
Penulisan surat lamaran yang baik ialah sebagai berikut:
1. Kalimat pembuka yang mengesankan
2. Menunjukan sikap antusias anda pada posisi yang diinginkan
3. Panjang surat dibatasi satu halaman
4. Ditujukan ke bagian personalia dan sebaiknya cantumkan nama pejabat yang berwenang
5. Harus rapi tanpa coretan
6. Menunjukan rasa percaya diri namun tidak boleh berlebihan
7. Menyebutkan kualifikasi serta prestasi yang anda raih
8. Jangan terpaku pada satu model surat saja agar pembaca tidak menganggap surat tersebut sama dengan yang lainnya.

Dalam membuat surat aspek-aspek yang harus diperhatikan salah satunya adalah kerangka surat, nah dalam hal ini kerangka surat adalah sebagai tulang punggung surat itu sendiri agar surat tersusun dan terkonsep dengan baik, dan berikut adalah bagian-bagian kerangka surat yang harus diperhatikan.
Kerangka Surat:
1. Elemen
yaitu keterangan surat berupa kepala surat,alamat surat,nama penerima dll.
2. Bagian pembuka
Dalam bagian pembuka isinya harus menarik perhatian pembaca agar yang bersangkutan memberikan respon melalui pemanggilan wawancara dan memberi alasan mengapa memilih perusahaan tersebut.
3. Isi surat
Memuat garis besar kualifikasi posisi yang diinginkan agar pembaca yakin pada kemampuan anda dan informasi lain misalnya: pengalaman kerja,kualifikasi khusus yang dimiliki, rata-rata nilai pendidikan dan yang lainnya.
4. Bagian penutup
Memberi kepastia bahwa anda siap diwawancara.

CV (Curiculum vitae)
Yang harus ada yaitu:
1. Data pribadi
2. Obyektif
3. Riwayat pendidikan
4. Keahlian kualifikasi
5. Pengalaman

Yang boleh hilang:
1. Pengalaman kerja yang tidak menyenangkan
2. Gaji yang diharapkan
3. Autobiografi
4. Nama refensi

Hala-hal penting agar CV melaju mulus ialah
1. Jangan dibuat dalam folio bergaris
2. CV asli bukan fotocopy
3. Gunakan huruf yang mudah dibaca
4. Sertakan pas foto bila diminta
5. CV dalam bahasa inggris bila iklannya dalam bahasa inggris dan itu berarti anda dituntut untuk bisa bebahasa inggris sebagai syarat kerjanya..

Nah sekian postingan dalam membuat surat lamaran pekerjaan yang baik ini semoga bermanfaat.
Dan jangan lupa ketika anda ingin mendapatkan pekerjaan selain usaha yang dilakukan tentunya harus disertai do'a.
Good Luck!!
 
© 2018 Cucunguk Rieut All Rights Reserved. | Privacy Policy | Disclaimer | Kontak - Aku Blogger
Top