Akhir-akhir ini banyak yang bertanya bagaimana sih cara sharing printer di windows 7 atau di windows 10?
karena akhir-akhir ini teman sekantor sering banget cuti, jadi sebagai buddy system otomatis hampir semua kerjaan dia gue yang handle, mulai dari masalah jaringan, komputer mati, hingga sharing printer yang ga jalan dan lain sebagainya.

Namun fokus postingan kali ini adalah lebih ke sering printer, sebenarnya sharing printer itu sangat mudah, kalau jaringannya normal, kalau jaringan komputernya ga bener sih susah juga. :D

Pertama tentu saja pastikan bahwa jaringan komputer di tempatmu udah OK alias ga ada masalah. Pastikan juga printernya ada, komputernya juga ada. Iyalah kalau itu semua ga ada apa yang mau disharing, masa kesedihan hidup yang mau di sharing. :D

Settingan di Komputer Server

Maksud komputer server ini adalah, komputer yang sudah terinstall printer yang mau di sharingkan, bukan komputer server jaringan ya. Tapi kalau printernya ada di server jaringan ya settingnya juga di server jaringan, tapi jarang sih.
  1. Buka Control Panel
  2. Pilih menu Device and Printer, maka akan muncul tampilan daftar device atau perangkat yang terinstall di komputer tersebut. Termasuk printer.

  3. Klik kanan pada printer yang akan di share, kemudian pilih Printer Properties.
  4. Pilih tab Sharing, maka akan tampil form seperti di bawah.

  5. Kemudian ceklis Share this printer.
  6. Kemudian klik OK, Selesai untuk setting komputer server.

Settingan di Komputer Client

Komputer client adalah komputer yang akan menerima priter yang di sharing, misal komputer A server, B Client. Di komputer A ada printer, tapi di komputer B tidak ada printer. Kemudian printer di komputer A akan di sharing ke komputer B, nah komputer B ini yang disebut Client.
  1. Buka windows explorer.
  2. Kemudian ketikkan alamat IP server yang sharing printer, dalam hal ini IP yang digunakan adalah 10.10.1.2, kamu harus tau IP server yang sharing printer. Setelah masukkan IP server jangan lupa pake \\ (Back Slash) sebelum IP. kemudian tekan Enter maka akan muncul printer yang di sharing, sebenarnya yang muncul bukan hanya printer, tapi bisa folder juga jika komputer tersebut sharing folder.

  3. Kemudian klik kanan pada printer yang muncul, kemudian klik Connect.
  4. Tunggu, sampai sukses, jika sukses maka printer yang sudah dikonekkan tadi akan muncul di Device & Printer komputer client.
  5. Sampai disitu sharing printer sudah berhasil.

Troubleshooting:

Ada beberapa kasus yang ketika printer di sharing, misal dari server sudah di sharing, tapi ketika akan di konnekkan di client terjadi error, padahal IP sudah benar dan settinganpun sudah benar. Biasa terjadi ketika memakai hub/switch baru.
  1. Untuk mengatasi masalah tersebut buka Device & Printer di PC Server. Hapus dulu printer yang ada di PC server.
  2. Nyalakan printer maka akan menginstall kembali driver printer.
  3. Klik kanan di area kosong di Device & Printer, kemudian klik Add Printer.

  4. Pilih lokal printer.
  5. Pilih Port printer sesuai port printer yang terinstall, biasanya untuk printer jenis Canon atau Epson yang baru memakain USB.

  6. Beri nama printer yang akan di sharing.
  7. Kemudian Next sampai selesai.
  8. Setelah selesai maka akan tampil printer yang telah di Add tadi di Device & Printer, kemudian lakukan kembali sharing printer, seperti cara di atas, dan konekan juga di komputer client seperti cara diatas. Biasanya akan sukses.

 
© 2018 Cucunguk Rieut All Rights Reserved. | Privacy Policy | Disclaimer | Kontak - Aku Blogger
Top