Ada jutaan software open source di dunia dengan berbagai fungsi dan keperluan, tapi disini gue coba merangkum yang terbaik dari yang terbaik, berikut daftarnya.

Security dan Antivirus

Sebagian besar pengguna PC menyadari bahwa mereka membutuhkan perlindungan pada PC mereka terkhusus bagi yang memiliki data penting di PC. Berikut ini adalah rekomendasi dari kami.

Antivirus: Avast!
Perlindungan Malware dan Spyware: Malwarebytes

Backup

Ada puluhan program backup gratis dan komersial yang tersedia untuk komputer. Sayangnya, banyak dari backup tersebut disimpan secara lokal, yang berarti jika rumah kamu terbakar, dirampok, atau jika Anda kehilangan harddisk backup, semua data kamu akan hilang. Untuk menghindari hilangnya data penting tersebut, kami menyarankan pengguna menggunakan layanan backup online.

Solusi backup online: Google Drive atau Dropbox



Browser

Meskipun Microsoft Internet Explorer sudah terinstal di komputer Windows setelah install Windows. Ada beberapa alternatif gratis yang sangat baik yang setiap orang harus coba. Alternatif gratis ini seringkali bisa lebih cepat, memiliki lebih banyak opsi, dan dalam banyak kasus lebih aman daripada Internet Explorer.

Browser: Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera


Kompresi File

Saat mendownload file dari Internet seringkali kamu mendapatkan file yang sudah di kompress, tujuannya adalah tidak lain untuk menggabungkan file jika dalam file yang di download tersbut terdiri data kumpulan library. Untuk menangani file .zip, .rar atau .tar ada beberapa opsi yang kami rekomendasikan, seperti di bawah ini.

Kompress file: 7-Zip dan Winrar

Disc ripper dan ISO Image

Membuat audio atau data CD / DVD, membuka data dari CD audio, atau membuat CD dari file .ISO juga dapat dilakukan dengan software seperti di bawah.

CD burner: CDBurnerXP dan MagicISO

E-mail

Sebagian besar pengguna saat ini menggunakan e-mail online seperti yang tercantum di bawah ini. Namun, bagi mereka yang masih menggunakan klien e-mail seperti Microsoft Outlook kami sangat menyarankan saran di bawah ini.

Klien e-mail: Mozilla Thunderbird
Email : Gmail, Yahoo dan Outlook

FTP, SFTP, dan SSH Utility

Pengguna yang mengelola web sering kali mengupload atau mendownload data dari server dan harus menggunakan FTP atau SSH client. Ada banyak software baik gratis atau berbayar untuk melakukan hal tersebut dan berikut rekomendasi dari kami, terkhusus yang gratis.

FTP Client: Filezilla dan WinSCP
SSH Client: MobaXterm dan Putty

Editor gambar, Paint, dan Pembuat Gambar
Ada banyak solusi gratis untuk mengedit, membuat, dan mengatur gambar kamu di komputer. Banyak program yang mampu melakukan tugas-tugas tersebut baik yang berbayar dan gratis, untuk yang berbayar jika kamu punya dana lebih kami rekomendasikan Photoshop dan Corel Draw, tapi ada solusi gratis dan fiturnya pun tidak kalah dari software yang kami sebutkan sebelumnya.

Editor gambar: GIMP dan Inkscape
Program Paint: Paint.net
Pengelola gambar: Foto Google

Multimedia

Ada ribuan program multimedia yang berbeda dengan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki masing-masing software. Di bawah ini adalah software multimedia gratis teratas untuk menonton video dan merekam audio.

Pengeditan dan pembuatan audio: Audacity
Pemutar Video dan DVD: VLC dan MPC-HC

Office Suite

Paket Office seperti Microsoft Office sering menjadi salah satu program paling mahal yang harus dipunyai di komputer. Tapi ada alternatif lain yang tidak kalah lengkap fiturnya untuk melakukan tugas-tugas kantor seperti pengetikan, kelola data dan lainnya.

Office: OpenOffice
Notepad dan Editor Sourcecode: Notepad ++
 
© 2018 Cucunguk Rieut All Rights Reserved. | Privacy Policy | Disclaimer | Kontak - Aku Blogger
Top