Menggunakan shortcuts keyboard dapat sangat meningkatkan produktivitas dan menghemat waktu. Misalnya, untuk menyalin teks, kamu memblok teks dan menekan shortcut Ctrl + C. Shortcutnya lebih cepat daripada menggerakkan tangan dari keyboard, menyorot menu copy dengan mouse dari menu file, dan kemudian kembali ke keyboard.

Di bawah ini adalah 10 shortcut keyboard teratas yang paling banyak digunakan dan kamu wajib menghafalnya untuk efektivitas kamu dalam mengoperasikan komputer.

Ctrl + C atau Ctrl + Insert dan Ctrl + X
Baik Ctrl + C dan Ctrl + Insert akan menyalin teks yang disorot atau item yang dipilih. Jika kamu ingin cut item bukan mengcopy, tekan Ctrl + X . Tindakan ini menghapus teks atau item dan menyimpannya di clipboard, bukan hanya menyalinnya ke clipboard tapi juga menghilangkan di tempat asalnya.

Pengguna komputer Apple dapat mengganti tombol Ctrl untuk tombol perintah (cmd) pada komputer mereka. Misalnya, menekan teks Cmd + C yang disorot.

Ctrl + V atau Shift + Insert
Baik Ctrl + V dan Shift + Insert akan mempaste teks atau objek yang disimpan di clipboard .

Di komputer Apple, gunakan Cmd + V sebagai gantinya.

Praktek
Cut or copy this text
Gunakan kolom input teks di atas untuk menyorot teks "Potong atau salin teks ini" dan tekan Ctrl + C untuk menyalin atau Ctrl + X untuk Memotong teks. Setelah Cut Move ke kolom berikutnya dan tekan Ctrl + V atau Shift + Insert untuk menempelkan teks. Untuk demonstrasi lebih lanjut, kunjungi tautan berikut.

Cara copy dan paste teks dalam dokumen atau program lainnya
Ctrl + Z dan Ctrl + Y
Menekan Ctrl + Z akan membatalkan perubahan. Misalnya, jika Anda memotong teks, menekan kombinasi tombol ini akan membatalkan pemotongan. Pintasan ini juga dapat ditekan beberapa kali untuk membatalkan atau mengulang beberapa perubahan. Menekan Ctrl + Y akan mengulang membatalkan.

Di komputer Apple, gunakan Cmd + Z dan Cmd + Y untuk membatalkan dan mengulang.


Cut text and then undo

Gunakan kolom input teks di atas untuk menyorot beberapa atau semua teks dan kemudian tekan Ctrl + X untuk memotong teks. Setelah teks menghilang tekan Ctrl + Z untuk membatalkan pemotongan.

Kiat: Jika Anda melakukan contoh pertama juga (potong dan tempel teks) dan Anda terus menekan Ctrl + Z, itu juga akan membatalkan perubahan itu.

Ctrl + F
Menekan Ctrl + F akan membuka bidang Temukan , yang memungkinkan Anda untuk mencari teks yang saat ini ditampilkan dalam program apa pun yang mendukungnya. Misalnya, Ctrl + F dapat digunakan di browser Internet Anda untuk menemukan teks pada halaman ini. Tekan Ctrl + F sekarang untuk membuka Find di browser Anda dan cari "shortcut" untuk menampilkan setiap shortcut waktu yang disebutkan di halaman ini.

Di komputer Apple, gunakan Cmd + F untuk menemukan.

Alt + Tab atau Ctrl + Tab
Menekan switch Alt + Tab antara program yang terbuka bergerak maju. Misalnya, jika Anda membuka jendela browser dan program lain yang berjalan di latar belakang, tekan dan tahan Alt dan kemudian tekan tombol tab untuk menggilir setiap program yang terbuka.

Pada komputer Apple daripada menggunakan tombol Alt gunakan tombol Command (Cmd). Misalnya, Cmd + Tab untuk beralih di antara program yang terbuka.

Tip Bonus: Tekan Ctrl + Tab untuk beralih antar tab dalam sebuah program. Misalnya, jika Anda memiliki banyak tab yang terbuka di peramban Internet Anda, tekan Ctrl + Tab untuk beralih di antara mereka.

Tip Bonus: Menambahkan tombol Shift ke Alt + Tab atau Ctrl + Tab bergerak mundur. Misalnya, jika Anda menekan Alt + Tab dan meneruskan program yang ingin Anda gunakan, tekan Alt + Shift + Tab untuk kembali ke program itu.

Tip Bonus: Pengguna Windows Vista, 7, 8, dan 10 juga dapat menekan Tombol Windows + Tab untuk beralih melalui program terbuka dalam screenshot penuh jendela.

Ctrl + Backspace dan Ctrl + Panah Kiri atau Kanan
Catatan: Pintasan berikut hanya untuk pengguna PC dan tidak berfungsi di komputer Apple.

Menekan Ctrl + Backspace akan menghapus kata penuh sekaligus, bukan satu karakter.

Menekan tombol Ctrl sambil menekan panah kiri atau kanan akan memindahkan kursor satu kata pada suatu waktu, bukan satu karakter pada satu waktu. Jika Anda ingin menyorot satu kata dalam satu waktu, tekan Ctrl + Shift , lalu tekan tombol panah kiri atau kanan . Pilihan Anda yang disorot akan memindahkan satu kata pada satu waktu ke arah itu.

Ctrl + S
Saat mengerjakan dokumen atau file lainnya di hampir setiap program, menekan Ctrl + S untuk menyimpan file tersebut. Gunakan tombol pintas ini sering kali jika Anda mengerjakan sesuatu yang penting jika terjadi kesalahan, Anda kehilangan kekuatan, atau masalah lain yang dapat menyebabkan Anda melakukan pekerjaan sejak penyimpanan terakhir.

Di komputer Apple, gunakan Cmd + S untuk menyimpan file.

Ctrl + Home atau Ctrl + End
Ctrl + Home akan memindahkan kursor ke awal dokumen, dan Ctrl + End akan memindahkan kursor ke akhir dokumen. Pintasan ini berfungsi dengan sebagian besar dokumen, serta halaman web.

Pada komputer Apple, gunakan Command dan Cmd dan panah ke atas untuk sampai ke awal dokumen atau teks atau Cmd dan panah bawah untuk sampai ke bagian akhir dokumen atau teks.

Ctrl + P
Control + P digunakan untuk membuka pratinjau cetak dari halaman atau dokumen yang sedang dilihat. Misalnya, tekan Ctrl + P sekarang untuk melihat pratinjau cetak halaman ini.

Pada komputer Apple, gunakan Cmd + P untuk membuka pratinjau cetak.

Page Up, Spasi, dan Page Down
Seperti yang sudah Anda duga, menekan tombol halaman atas atau tombol halaman bawah akan berpindah ke halaman berikutnya atau sebelumnya. Saat menjelajah Internet, menekan spasi akan menggeser bilah gulir ke bawah halaman. Demikian pula Shift + bilah spasi menggeser bilah gulir ke atas satu halaman.
 
© 2018 Cucunguk Rieut All Rights Reserved. | Privacy Policy | Disclaimer | Kontak - Aku Blogger
Top