Thursday, 10 January 2013

Nyetir, Apa Nyetang?

Beberapa waktu lalu, gue bonceng temen gue pake motor, tapi dia tuh bawel banget, kalo dibonceng nyerocos mulu. Nggak heran kalo sepanjang penjalanan, gue agak kurang konsentrasi.
Pas dalam perjalanan gue salah jalan, gue bilang “Kok bisa lewat jalan ini sih?” dia jawab “Yeh, siapa juga yang nyetir?

Nah, yang jadi pertanyaan gue adalah "emang kalo bawa motor disebutnya nyetir yah?"

Padahal setau gue yang disebut nyetir itu bawa mobil, jelas dong kalo bawa mobil bisa disebut nyetir, karena yang dipegang adalah setir. Nah, ini motor! kan yang dipegang stang, kok bisa disebut nyetir? kenapa ga nyetang? emang rada aneh juga sih kedengarannya, fals. hahaha..
Tapi, emang selama ini gue belum pernah dengar orang bilang kalo mau bawa motor “Sini gue aja yang nyetang!” atau “Sini gue aja yang nyetir” tapi kebanyakan temen-temen gue kalo mau dia yang bawa motor “Sini gue aja yang bawa!” jadi yang bener itu yang mana?
Nyetir, apa nyetang? atau bawa? Dibawa dipikul gitu maksudnya? Haha..
Sampai saat ini masih teka-teki dalam hidup gue.
Ada yang punya jawaban? *ngomong sama kucing*

Ah lupakan saja, paur gelo mikirana ge.