Thursday, 12 April 2012

Belajar Twitter dengan Riang

Punya akun twitter? Tapi ga bisa pakenya? hahaha.. ga usah malu-malu buat nanya atau nyari cara belajar twitter, disini gue coba terangin bebeapa istilah dalam twitter. Yah barangkali aja ada yang mau belajar twitter tapi masih bingung, ga menutup kemungkinan juga kan dijaman yang serba internet sekarang ini masih ada yang belum kenal yang namanya twitter. Apabila belum mempunyai akun twitter monggo daftar dulu di http://www.twitter.com.
Udah daftar masih bingung? nah lo... hahaha... Untuk pertama kali kebanyakan posting atau bikin status atau ngetwit kalo di twitter.. Nah untuk ngetweet atau kalo di facebook bikin status, ga jauh beda sama bikin status. Namun ada perbedaannya, bikin status atau ngetwit di twitter karakternya dibatasin 140 karakter, jadi harus banyak ngirit kata, haha.. ternyata ga sumber energi aja yah yang harus di irit. Tapi jika ingin ngetwit dengan jumlah karakter yang cukup banyak kamu bisa ngetwitnya dari partner tweet yaitu http://tweetlonger.com atau yang lainnya, yang nantinya dari twitter ngelink ke tweetlonger.

Nah sekarang untuk RT, mungkin masih banyak yang bertanya-tanya ketika lihat postingan di twitter ko ada RT gitu, apakah RT (Rukun Tentangga)? Hahaha tentu bukan yah, yang dimaksud RT itu adalah Retweet atau mempublikasi ulang tweet teman, Sebenarnya untuk meretweet sudah disediakan tombol fungsi RETWEET tapi kebanyakan memakai RT.
Ga cuma untuk retweet banyak juga yang memakai RT untuk membalas atau berkomentar di status oranglain, jadi begini nih kalo kamu mau berkomentar atau membalas status orang lain kamu pake RT, jadi mempublikasikan status orang yang kemudian di ikuti komentar atau balasan kita, contohnya seperti pada gambar.
ngerti ga? hahaha.. jangan bilang ga ngerti. tapi penjelasannya ko agak sedikit rumit yah, tapi mudah-mudahan kalian ngerti cara belajar twitter yang satu ini
Eh ada lagi tuh istilah follower. Apa itu follower? Follower adalah orang-orang yang mengikuti akun kamu, jadi kalo misalkan kamu bikin status maka si followers akan melihat status kamu.

Selain RT atau follower, di twitter terdapat istilah hashtag (#), hashtag banyak digunakkan oleh pengguna twitter untuk mengkategorikan tweet mereka dalam satu kategori, untuk mempermudah dalam pencarian atau kalo banyak yang pake hastag tersebut maka akan tampil di tranding topics.
contoh hastag nampak seperti pada gambar diatas. #Cinema21MAX

Apalagi yah, haha jadi bingung jelasinnya. Memang kalo belum terbiasa dengan twitter mungkin akan bingung soalnya di twitter banyak simbol-simbol atau istilah-istilah aneh atau asing ditelinga kita yang digunakkan. Selain RT, hashtag(#), ** dan @(at) yaitu untuk untuk mencantumkan nama akun orang lain misal: @Dodi, @Deri dsb.

Mungkin ini hanya sepintas saja yah untuk belajar twitternya, tapi mudah-mudahan kamu kamu kamu bisa langsung paham. Tapi jika masih kurang paham silakan saja cari aja tutorialnya di google banyak kok yang sharing cara menggunakan twitter atau belajar twitter.
Semoga membantu. ^^