Mudik lebaran adalah tradisi di Indonesia ketika menjelang atau habis lebaran, tapi untuk yang mempunyai kampung halaman yang lumayan jauh biasanya mudik sebelum lebaran, pemudik akhir-akhir ini cenderung lebih banyak memakai kendaran bermotor, karena selain lebih cepat juga bisa memangkas biaya mudik itu sendiri.

mudik lebaran 2018
illustrasi mudik / pelindo
Jumlah pemudik dari tahun ke tahun selalu mengalami peningkatan khususnya pemudik dengan motor, jaman sekarang memang hampir setiap rumah memiliki kendaraan bermotor.
Selain cepat dan murah bermudik dengan motor, ada sisi yang kurang baik dari bermudik dengan motor ini. Tahun 2017 saja angka kecelakaan arus mudik dan balik lebih banyak pemudik yang memakai motor, angkanya mencapai sekitar 4 ribuan kejadian, jadi sebaiknya pertimbangkan dahulu sebelum bermudik.

Sebelum memutuskan mudik lebaran dengan motor, alangkah baiknya jika anda ikut program mudik gratis jika ada kesempatan.
Namun jika terpaksa harus mudik dengan motor, berikut beberapa tips untuk mudik lebaran dengan motor:

Tips Mudik Lebaran dengan Motor

Persiapan:

  1. Persiapkan Kendaraan Bermotor Anda
    • Sebelum melakukan perjalanan mudik anda dengan motor pastikan kondisi motor anda baik-baik saja, cek mulai dari rem, ban, oli, serta kondisi mesin motor anda dan fungsi-fungsi yang lainnya, pastikan bahwa motor anda tidak ada masalah sedikit pun. 
    • Service terlebih dahulu motor anda ke bengkel resmi.
  2. Cek Kondisi Fisik Anda
    • Yang lebih penting selain kondisi motor adalah kondisi fisik anda, jangan sampai anda memaksakan fisik yang kurang prima untuk mudik menggunakan motor, pertimbangkan keselamatan anda dan juga orang yang anda bonceng. 
    • Cek dahulu kondisi fisik anda dan keluarga ke dokter sebelum melakukan perjalanan.
  3. Jangan Membawa Barang Berlebihan
    • Mudik memang kurang terasa jika tidak membawa bawaan atau oleh-oleh untuk keluarga tercinta di kampung halaman, namun jangan sampai mengabaikan keselamatan, bawalah barang-barang yang penting saja jangan sampai membawa barang yang berlebihan, karena akan menambah beban dan keseimbangan anda ketika mengendarai sepeda motor.
  4. Safety Riding
    • Safety riding adalah bagian yang penting untuk melindungi anda dan keluarga anda ketika dalam perjalanan khususnya bermotor. 
      1. Pakai helm yang berstandar SNI.
      2. Gunakan pengaman sikut atau tangan.
      3. Gunakan pelindung lutut.
      4. Gunakan sarung tangan dan jaket
      5. Pakai sepatu yang kuat.
      6. Gunakan masker.

Di Perjalanan :

  1. Istirahat
    • Istirahatlah ketika anda merasa lelah atau ngantuk ketika sedang mengendarai kendaraan anda saat mudik, anda bisa istirahat di posko-posko mudik yang anda lalui, makan, minum atau tidur sejenak untuk menghilangkan rasa ngantuk anda.
    • Jika terpaksa tidak ada posko cari warung atau tempat berteduh untuk mengistirahatkan badan anda dan keluarga.
  2. Perhatikan Sekitar dan Tetap Fokus Berkendara
    • Perhatikanlah sekitar jalan, minta keluarga anda yang di bonceng untuk memperhatikan sekitar, keluarga anda bisa suruh untuk memperhatikan pom bensin, tambal ban atau bengkel, antisipasi jika sesuatu yang kurang baik terjadi pada kendaraan anda.
    • Sebagai pengendara anda harus tetap fokus ke jalan, depan, kiri dan kanan ketika akan belok atau akan menyalip kendaraan lain. (Lebih baik jangan menyalip-nyalip).
Demikian beberapa tips untuk anda dalam melakukan perjalanan mudik lebaran anda, semoga selamat sampai tujuan.
INGAT! Keluarga anda menanti di rumah.

Untuk diperhatikan bahwa tips ini hanya beberapa yang saya ketahui, sebaiknya anda ikut seminar atau workshop tentang mudik, safety riding jika ada. Kemudian juga cari referensi lain selain dari situs ini.


 
© 2018 Cucunguk Rieut All Rights Reserved. | Privacy Policy | Disclaimer | Kontak - Aku Blogger
Top