java.lang.NullPointerException adalah masalah yang sangat besar dalam dunia pemrogramman, haha. Kenapa tidak, karena masalah NullPointerException ini biasanya yang sulit sekali dipecahkan khususnya programmer pemula seperti gue, namun untuk programmer java yang sudah pro kayaknya tidak berlaku hukum tersebut, hahaha.

Masalah

Masalah NullPointerException ini biasanya terjadi karena ada object yang dipanggil dan hasilnya kosong. Object disini bisa berupa data string, integer, dan tipe data yang lainnya, atau juga berupa class.

NullPointerException biasa terjadi karena isi parameter yang kosong, pengalaman gue sih gitu, jadi ketika kita pasing parameter ke sebuah function khususnya di java, tapi data yang kita passing ke paramater itu nilainya null, maka bisa menyebabkan error NullPointerException.

Studi Kasus

Ada juga masalah ketika kita mendeklarasikan variabel :
Contoh :
int jumlah;
jumlah = 1000;

Bisa dibaca variable jumlah dengan tipe data integer dan dengan value 0 (defaultnya), ketika jumlah diisi data 1000 maka nilai jumlah jadi 1000 dan disimpan di memory yang kemudian nanti bisa dipanggil di function.

Tapi ketika kamu mendeklarasikan sebuah tipe data, misal seperti berikut:
Integer jumlah;
jumlah = new Integer(10);

Dalam kasus tersebut variable jumlah tidak memiliki nilai seperti tipe tag int yang defaultnya memiliki data atau value 0 meskipun tidak diisi data jadi jumlah = 1000 seperti contoh sebelumnya.

Maka, ketika kamu passing data tersebut (contoh ke 2) ke parameter, atau memanggilnya di function, biasanya akan terjadi error java.lang.NullPointerException, karena kenapa? karena data yang di passing atau di panggil ke/di function tidak memiliki nilai alias null.

Demikian bagaimana cara mengatasi error java.lang.NullPointerException di java, mudah-mudahan ngerti dan bermanfaat ya, jika ada koreksi silahkan tinggalkan komentar.
 
© 2018 Cucunguk Rieut All Rights Reserved. | Privacy Policy | Disclaimer | Kontak - Aku Blogger
Top