Sabtu, 30 Juni 2012

Tips: Menghilangkan Kebiasaan Buruk

Setiap orang pasti punya kebiasaan buruk tak terkecuali gue sendiri. Dan sekarang sudah saatnya meninggalkan semua kebiasaan buruk tersebut dan tentunya untuk kebaikkan kita sendiri. Agak sulit memang untuk menghilangkan kebiasaan buruk, apalagi kebiasaan tersebut sudah ada sejak kecil mungkin akan terasa sulit banget untuk menghilangkannya, tapi kalo tidak dicoba untuk menghilangkannya pasti ga akan tau bisa atau enggak menghilangkan kebiasaan buruk tersebut dan kalo bukan dari sekarang kapan lagi kita coba menghilangkan kebiasaan buruk tersebut. Ada beberapa tips cara menghilangkan kebiasaan buruk yang akan gue sharing disini. Berikut beberapa tipsnya:

1. Niat

Mulai dari sekarang niatkan dan buat keputusan untuk merubah hidup kamu ke arah yang lebih baik dan yakinkan pada diri kamu kalo kamu ingin menghilangkan kebiasaan buruk tersebut. Memutuskan membuat perubahan hari ini dengan tegas untuk menghilangkan kebiasaan buruk.

2. Pikirkan efek negatif dari kebiasaan kamu

Kebanyakan orang mengetahui konsekuensi dari sifat buruknya tersebut. pikirkanlah dampak yang akan terjadi dikemudian hari. Pikirkan efek dari kebiasaan buruk kamu dan ingat selalu dampak negatifnya buat diri kamu ketika ada godaan untuk melakukan hal buruk tersebut.

3. Ketahui efek baik dari perubahan yang akan kamu lakukan

Kamu harus memotivasi diri kamu untuk meninggalkan kebiasaan buruk kamu dan berpegang pada tujuan kamu yaitu untuk menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya. Dengan mengetahui efek baik dari perubahan tersebut akan sangat membantu buat ngilangin kebiasaan buruk tersebut.

4. Lakukan kebiasaan atau rutinitas baru yang positif

Kadang godaan terlalu berat dan sulit untuk menolak melakukan kebiasaan buruk tersebut dan inilah sebabnya mengapa kamu harus memotivasi diri dan mengetahui efek baik dari perubahan yang akan kamu lakukan.

5. Raih dukungan dari orang yang peduli sama kamu.

Beritahu teman, keluarga ataupun pacar mungkin, bahwa kamu mulai saat ini akan membuat perubahan dan meninggalkan kebiasaan buruk kamu. Ini adalah salah satu langkah untuk mendapat dukungan dan motivasi pada diri kamu.

6. Konsultasi pada ahli

Langkah yang terakhir bagaimana cara menghilangkan kebiasaan buruk adalah konsultasi pada ahli. Dengan konsultasi akan membantu menghilangkan kebiasaan buruk dan mereka dapat membantu melihat kebutuhan untuk menangani masalah tersebut.

Memang bukan hal mudah dan butuh waktu yang ga sebentar untuk menghilangkan kebiasaan buruk, tapi kalo tidak dimulai dari sekarang, kapan lagi??
Buatlah perubahan yang baik pada diri kamu mulai sekarang dan pikirkan kehidupan yang lebih baik yang akan kamu dapatkan dikemudian hari.
Ingat!! 1 Aksi buat 1000 perubahan