Selasa, 22 Mei 2012

Cara Mempertajam Ingatan

Setelah beberapa waktu yang lalu gue jelasin gimana cara melupakan seseorang nah sekarang gue coba jelasin bagaimana memepertajam ingatan, Menjaga ketajaman ingatan sangatlah penting di usia berapapun, namun membutuhkan sedikit latihan saat kita dewasa. Ada beberapa program latihan yang dirancang secara ilmiah untuk otak agar lebih mempertajam ingatan, tapi ada juga kegiatan sederhana yang dapat mengintegrasikan hidup kamu, yang akan memperjatam ingatan kamu.

Berikut adalah beberapa cara untuk mempertajam ingatan.

Meningkatkan fokus kamu
Fokus pada informasi yang ingin kamu ingat, jauhkan dari Tv, pasangan, telepon, kemudian coba mainkan permainan mengasah otak untuk anak-anak, contohnya bermain puzzle. jika kamu dapat mengambil satu menit untuk mengalihkan perhatian kamu dari gangguan apapun dan hanya berkonsentrasi pada tugas kamu, kamu akan mendapatkan dorongan ingatan secara otomatis.

Gunakan indera kamu
Gunakan indera kamu untuk membantu menyimpan informasi dalam ingatan. Perhatikan warna dari gambar yang ingin kamu ingat, misalkan langit biru atau cahaya, suara apa yang dihasilkan. Semakin kamu dapat terlibat dalam informasi tersebut, semakin mudah otak mengingat dan mengambilnya kembali.

Gunakan Asosiasi
Coba untuk mengingat nama, misalkan kamu ketemu orang dijalan terus kenalan dan ingat bawaannya atau pakaian seperti apa yang dia pake, atau apapun yang ia gunakan cobalah untuk mengingatnya.

Tarik nafas panjang dan rileks
Ketika kita berusaha keras untuk mengingat sesuatu kita sering tegang, Ini mengubah pola penafasan kita dan akhirnya menjadi stress, lihat juga  cara menghilangkan stress! Kembali lagi ke tips, Coba tenang, tarik nafas dalam-dalam dan perlahan-lahan biarankan pikiran kamu rileks sebentar dan menjadi santai, dengan begitu akan memudahkan menyimpan informasi di otak dan mengambilnya kembali.

Berikan diri kamu perintah yang positif
Ktika kamu datang pada sesuatu yang perlu kamu ingat, katakan "Hei, perhatikan dan lihat ini" yang akan memberikan kamu panggilan atau membangunkan dan memberikan penanda mental yang dapat digunakan untuk membantu dan menyimpan informasi baru.

Begitulah beberapa cara untuk mempertajam ingatan kamu, Semoga Bermanfaat.
Jika artikel ini bermanfaat silahkan share kepada orang lain atau klik tombol dibawah untuk berbagi..
Indahnya berbagi...